Senin, 09 Agustus 2010

sejarah rock n rool

Rock and Roll adalah genre musik yang berkembang di AS pada akhir tahun 1940-an dan mencapai puncak kepopularitasannya pada awal tahun 1950-an. Dari AS genre musik ini menyebar keseluruh dunia. Rock and Roll juga banyak melahirkan berbagai jenis sub-genre, yang secara keseluruhan dikenal sebagai musik Rock.

Ciri khas musik Rock and Roll adalah pada ketukan(beat)nya yang biasanya dipadu dengan lirik. Rock and Roll menggunakan beat yang didasarkan pada salah satu ritme musik blues yang disebut boogie woogie ditambah dengan aksen backbeat yang hampir selalu diisi dengan pukulan snare drum. Versi klasik dari Rock and Roll dimainkan dengan satu atau dua gitar listrik, gitar bass listrik, dan drum set. Perangkat kibor juga sering dimainkan sebagai perangkat musik tambahan. Bila dimainkan dengan dua gitar listrik, yang dimainkan untuk memberikan melodi disebut sebagai guitar lead, sedangkan gitar yang dimainkan untuk memberikan ritme disebut sebagai gitar ritme.

Saksofon juga sering dijadikan instrumen melodi pada gaya Rock and Roll awal tahun 1950-an, akan tetapi peranannya digantikan oleh gitar listrik pada pertengahan tahun 1950-an. Diakhir tahun 1940-an, bentuk awal Rock and Roll bahkan memakai piano sebagai instrumen melodi.

Salah satu cikal bakal Rock and Roll adalah musik boogie woogie dengan piano sebagai melodi., seperti permainan berbagai kelompok big band yang mendominasi dunia musik AS decade 1940-an. Kepopuleran Rock and Roll secara massal dan mendunia ternyata menimbulkan dampak sosial yang tak terduga. Rock and Roll bukan saja mempengaruhi gaya bermusik, tetapi juga gaya hidup, gaya berpakaian serta gaya bahasa. Selain sukses didunia musik, bintang-bintang di periode awal Rock and Roll juga sukses didunia film dan televisi Elvis Presley Contohnya yang merupakan bintang Rock and Roll yang sukses sebagai bintang film dan televisi.

1 komentar: